Usaha Ayam Geprek
Makalah Usaha Ayam Geprek "Geprekku"
Disusun untuk memenuhi tugas Sistem Informasi Manajemen
Dosen Pengampu : Pratomo Setiaji.S.Kom.M.Kom
Disusun Oleh:
Nama : Farida Febriana Sari
Nim : 201711107
Kelas : 5 B
Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muria Kudus
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis mampu menyelesaikan tugas usaha bisnis dengan baik. Penulisan Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas Sistem Informasi Manajemen yang berjudul usaha ayam geprek "Geprekku". Dan penulis berharap dalam pembuatan makalah ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan kreatifitas, walaupun penulis menyadari segala keterbatasan tentang pengetahuan bisnis. Untuk itu kami membutuhkan kritik dan saran
dari berbagai pihak dalam Makalah ini.
Kudus, 10 November 2019
Penulis
Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Di zaman sekarang ini makanan enak dan murah merupakan suatu hal yang penting dalam pikiran konsumen sehingga banyak para pedangang makanan yang berlomba – lomba menjual produknnya dengan harga yang murah. Salah satunya adalah usaha yang kami bangun yaitu “Geprekku” merupakan masakan ayam geprek yang pedas dan didampingi dengan es yang segar, tentu akan membuat konsumen datang dan membelinya . Berlokasi di Jl Museum kretek getas pejaten. “Geprekku menyediakan fasilitas yang nyaman dilengkapi dengan hotspot sangat cocok untuk konsumen . Menu makanan dan minuman yang disediakan beragam dengan harga yang relative murah dan terjangkau.
Konsep usaha yang kami jalankan adalah warung makan. Jika ada pelanggan yang ingin makan ayam geprek tetapi sibuk atau malas keluar rumah maka kami akan menyediakan delivery order melalui Grab Food agar lebih memudahkan konsumen. Tujuan dari pendirian usaha ini adalah kecintaan kami pada masakan pedas, karena masakan pedas menurut kami adalah masakan enak, jika masakan tidak pedas maka tidaklah sedap. Untuk itu kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat sekitar bahwa masakan pedas itu sangatlah enak apalagi didampingi dengan minuman yang segar dan manis tentu akan menambah citarasa makanan ini.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana mendapatkan bahan baku?
2. Sumber daya pekerja?
3. Produksi barang?
4. Kebutuhan modal kerja?
5. Rencana pemasaran?
6. Strategi pemasaran?
7. Target market?
8. Pengiriman barang sampai ke konsumen?
1.3 Manfaat
1. Mengetahui bagaimana mendapatkan bahan baku?
2. Mengetahui tentang sumber daya pekerja?
3. Mengetahui proses produksi barang?
4. Mengetahui tentang kebutuhan modal Kerja?
5. Memahami tentang rencana pemasaran?
6. Memahami tentang strategi pemasaran?
7. Memahami tentang target market?
8. Mengetahui bagaimana pengiriman barang sampai ke konsumen?
Bab II
Pembahasan
2.1 Bagaimana Mendapatkan Bahan Baku
Untuk bahan bakunya usaha warung makanan “Geprekku” seperti ayam sayur dan bumbu kami membelinya langsung di supermarket atau di pasar ketika pagi saat masih fresh dan segar.
2.2 Sumber Daya Pekerja
Diwarung makan ‘’Geprekku’’ memiliki 5 karyawan yaitu
1. Salma
2. Rico dan Wildan
3. April dan Nayla
Deskripsi Pekerjaan:
A. Farida Febriana, sebagai pemilik usaha bertugas mengawasi dan bertanggung jawab dalam berjalannya sebuah proses usaha.
B. Salma sebagai kasir bertugas melakukan pencatatan semua transaksi pembelian pelanngan
C. Rico dan Wildan sebagai pelayan bertugas melayani pelanggan dengan baik dan sopan.
D. April dan Nayla sebagai Chef bertugas memasak pesanan pelanggan.
2.3 Produksi Barang
Jenis dan macam – macam produk
a. Ayam Geprek :Ayam Geprek Original, Ayam Geprek Mozarella, Ayam Geprek Salted egg, Ayam Geprek Level
b. Minuman Es : Es Teh, Es Jeruk, Es Susu
Peralatan yang digunakan :
1. Wajan
2. Kompor.
3. Tabung Gas
4. Cobek
5. Solet
6. Bleder
7. Magic Com.
8. Panci
9. Saringan
10. Piring
11. Mangkuk
12. Sendok & Garpu
13. Gelas
14. Nampan
Bahan baku yang dibutuhkan :
1. Ayam Potong
2. Minyak Goreng
3. Ketumbar Bubuk
4. Bawang Putih
5. Bawang Merah
6. Lada
7. Garam
8. Merica
9. Bahan pelapis
10. Tepung terigu
11. Baking powder
12. Telur
Bumbu Sambal Ayam Geprek
1. Cabe Rawit
2. Bawang Merah
3. Bawang Putih.
4. Tomat
5. Garam
6. Gula.
Proses Pembuatan Ayam Geprek
1. Kukus potongan daging ayam bersama bumbu yang telah disiapkan dengan api sedang, kurang lebih 10 menit. Angkat lalu tiriskan.
2. Masukkan telur, garam, merica, dan 1 sendok makan tepung terigu ke dalam mangkung. Kocok rata.
3. Masukkan 3 sendok makan tepung terigu, lada, garam , dan baking powder ke dalam piring, aduk hingga merata.
4. Lapisi potongan ayam yang sudah dikukus dengan telur dan tepung kering.
5. Goreng danging ayam ke dalam minyak sampai berwarna kuning dan timbul kirspinya lalu diangkat.
6. Tumis semua bumbu sambal sambal pada api sedang, tunggu hingga muncul aroma harum. Ulek bumbu tersebut lalu tambahkan garam dan gula.
7. Tuangkan sambal diatas ayam geprek, kemudian geprek ayam tersebut.
8. Ayam geprek siap dihidangkan.
2.4 Kebutuhan Modal Kerja.
Perlengkapan
|
Satuan
|
Harga
/ Unit
|
Total
|
Wajan
|
1
|
Rp.
150.000
|
Rp.
150.000
|
Kompor
|
1
|
Rp.
525.000
|
Rp.
525.000
|
Tabung
Gas
|
1
|
Rp.
20.000
|
Rp.
20.000
|
Cobek
|
3
|
Rp.
90.000
|
Rp.
270.000
|
Solet
|
2
|
Rp.
15.000
|
Rp.
30.000
|
Blender
|
1
|
Rp.
350.000
|
Rp.
350.000
|
Magic
Com
|
2
|
Rp.
175.000
|
Rp.
350.000
|
Panci
|
1
|
Rp.
60.000
|
Rp.
60.000
|
Saringan
|
2
|
Rp.
15.000
|
Rp.
30.000
|
Piring
|
50
|
Rp.
14.000
|
Rp.
700.000
|
Mangkuk
|
3
|
Rp.
20.000
|
Rp.
60.000
|
Sendok
& Garpu
|
5
Lusin
|
Rp.
6.500
|
Rp.
325.000
|
Nampan
|
4
|
Rp.
20.000
|
Rp.
80.000
|
Total
|
Rp.
2.950.000
|
Bahan Baku Ayam Geprek
Bahan
|
Kwantitas
|
Harga / Unit
|
Total
|
Ayam
|
7 Ekor
|
Rp. 50.000
|
Rp. 350.000
|
Tepung Terigu
|
3 Kg
|
Rp. 7.500
|
Rp. 22.500
|
Lada
|
2 Sc
|
Rp.1.500
|
Rp. 3.000
|
Garam
|
2 Sc
|
Rp. 2.000
|
Rp. 4.000
|
Bawang Merah
|
½ Kg
|
Rp. 20.000
|
Rp. 20.000
|
Bawang Putih
|
½ Kg
|
Rp. 15.000
|
Rp. 15.000
|
Cabe
|
1 Kg
|
Rp. 125.000
|
Rp. 125.000
|
Minyak Goreng
|
2 L
|
Rp. 25.000
|
Rp. 25.000
|
Beras
|
7 Kg
|
Rp.10.000
|
Rp.70.000
|
Total
|
Rp. 634.500
|
Bahan Baku Minuman
Bahan
|
Kwantitas
|
Harga / Satuan
|
Total
|
Es Batu
|
5 Balok
|
Rp. 12.000
|
Rp. 60.000
|
The
|
5 Pack
|
Rp. 16.700
|
Rp. 83.500
|
Jeruk
|
5 Kg
|
Rp. 20.000
|
Rp. 100.000
|
Air
|
-
|
-
|
-
|
Susu
|
5 Kaleng
|
Rp. 10.500
|
Rp. 52.500
|
Total
|
Rp. 296.000
|
Jenis Makanan
|
Biaya
|
Ayam Geprek
|
Rp. 634.500
|
Minuman Es
|
Rp. 296.000
|
Total
|
Rp. 930.500
|
A. Proses Pekerjaan
Warung makan ‘’Geprekku”, buka hari Senin – Minggu. Kamis tutup. Pukul : 10.00 – 22.00 WIB.
B. Rencana Produksi
Jenis Produksi = Makanan
Jumlah Produksi = 100 porsi / Hari = 2600 / Bulan
C. Biaya Tetap
Sewa Tempat : Rp. 1.000.000 / Bulan
Peralatan : Rp. 2. 950.000 / Bulan
= Rp. 3. 950.000
D. Biaya Variabel
Bahan Baku = Rp. 930.500 / hari
= Rp. 24.193.000 / Bulan
Biaya Overhead = Listrik = Rp. 200.000 / Bulan
= Transportasi = 120.000 / Bulan
Jumlah = Rp. 24.193.000 / Bulan. 1 Bulan kerja (26) hari.
E. Total Cost.
= Rp. 24.193.000
2.5 Rencana Pemasaran
Harga Pokok = Rp. 5500
Harga Jual = Rp. 15.000
BEP Unit Pertama
= Rp. 15.000 X = 5500 + Rp. 3. 950.000
= (Rp. 15.000 – Rp. 5500) X = Rp. 3. 950.000
= 3. 950.000
Rp. 9.500
= 415
Maka, 415 / 100 = 26 – 6 = 20 hari.
Jadi, keuntungan pengembalian semua biaya dengan keuntungan 0 rupiah makanan dan minuman sebanyak 415 porsi diperlukan waktu sebanyak 6 hari masa produksi dalam sebulan adalah 26 hari. Jadi keuntungan yang diperoleh di bulan pertama dari hasil penjualan 20 hari adalah:
= 20 hari X 100 X Rp. 15.000
= Rp. 30.000.000
Kemudian, dikurangi gaji karyawan sebesar Rp. 1.000.000 X 5 orang = Rp. 5.000.000.
Maka, Rp. 30.000.000 – Rp 5.000.000 = Rp. 25.000.000
Jadi keuntungan bulan pertama adalah Rp. 25.000.000
2.6 Strategi Pemasaran
1. Segmentasi : Dari sajian disesuaikan dengan keinginan konsumen dengan selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas citarasa sehingga konsumen tertarik untuk membeli.
2. Demografis : ‘’Geprekku’’ ini ditujukan oleh semua kalangan dari anak kecil, remaja maupun dewasa.
3. Geografis : “Geprekku’’ cocok di nikmati segala cuaca baik panas maupun dingin.
4. Psikografis : “ Geprekku dijukukan olehsemua kalangan / kelas sosial mulai dari Kalangan bawah, Kalangan menengah maupun Kalangan atas .
4P
1. Produk : Produk ayam geprek ini merupakan menu masakan pedas dengan pendamping minuman manis dan segar.
2. Price : Untuk harga sangatlah terjangkau mulai dari Rp. 15.000
3. Promotion : Untuk promosi penjualan kita melakukan secara online / melalui media massa seperti Facebook, Whattshap dan Instagram.
4. Place : Tempat penjualan di Jl Museum kretek getas pejaten, kec jati karena letakknya stategis dan mudah di jangkau oleh konsumen.
2.7 Target Maket
Untuk target market yang kita tuju adalah mahasiswa, pegawai, maupun masyarakat.
2.8 Pengiriman barang sampai barang ke konsumen
Untuk pelanggan yang ingin membeli ayam geprek tetapi sibuk / malas keluar rumah kita menyedikan delivery order melalui Grab Food agar memudahkan konsumen untuk membelinya.
BAB III
Penutup
Kesimpulan
“Geprekku” merupakan masakan ayam geprek yang pedas dan didampingi dengan es yang segar, tentu akan membuat konsumen datang dan membelinya . Berlokasi di Jl Museum kretek getas pejaten. “Geprekku menyediakan fasilitas yang nyaman dilengkapi dengan hotspot sangat cocok untuk konsumen . Menu makanan dan minuman yang disediakan beragam dengan harga yang relative murah dan terjangkau. Tujuan dari pendirian usaha ini adalah kecintaan kami pada masakan pedas, karena masakan pedas menurut kami adalah masakan enak, jika masakan tidak pedas maka tidaklah sedap. Untuk itu kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat sekitar bahwa masakan pedas itu sangatlah enak apalagi didampingi dengan minuman yang segar dan manis tentu akan menambah citarasa makanan ini.
Komentar
Posting Komentar